0812 9280 7077 - sangkok1ndonesia@gmail.com

Penyebab dan Cara Mengobati Swim Bladder Pada Ikan Mas Koki

Swim bladder adalah kondisi dimana ikan mas koki berenang terbalik dan lebih banyak berdiam diri diatas kolam atau aquarium dalam keadaan perut diatas. Umumnya swim bladder disebabkan oleh kantong renang pada ikan mas koki yang bermasalah. Swim bladder bisa dibilang sebagai penyakit atau juga bisa dibilang kelainan fisik. Untuk mengobati swim bladder pada ikan mas koki bisa dibilang susah-susah gampang. Terkadang faktor keberuntungan juga ikut menentukan ikan bisa pulih atau tidak karena tidak ada jaminan pasti terkait kesembuhannya.

Swim bladder sendiri memiliki tingkat keparahan yakni sementara dan permanen. Ikan mas koki yang berenang terbalik masih bisa sebuh jika tingkatannya masih sementara. Sedangkan yang permanen tingkat kesembuhannya sangat kecil bahkan dibawah angka 10%. Lalu bagaimana kita bisa tahu swim bladder pada ikan mas koki tersebut sudah parah atau belum? Tidak akan bisa diketahui sebelum kamu melakukan treatment terlebih dahulu dalam jangka waktu tertentu.

Penyebab dan Cara Mengobati Swim Bladder Pada Ikan Mas Koki

Penyebab Ikan Mas Koki Berenang Terbalik (Swim Bladder)
Penyebab swim bladder pada ikan mas koki sangat beragam. Para ahli ikan mas koki yang sudah bertahun-tahun merawat ikan mas koki pun punya asumsi yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Bisa karena faktor pakan, lingkungan, bahkan hingga faktor kelainan bawaan dari ikan mas koki itu sendiri. Namun yang pasti hampir semua ikan mas koki berpotensi terserang penyakit ini apa bila salah dalam merawatnya. Lalu apa saja penyebab ikan mas koki berenang terbalik? Ini penjelasannya.

1. Jenis Pakan Pelet Floating (Mengapung)
Penyebab swim bladder yang pertama adalah jenis pakan pelet floating atau pelet mengapung. Beberapa breeder ikan mas koki sepakat dengan alasan ini. Asumsinya adalah, pelet yang mengapung akan membuat ikan harus menghirup permukaan air ketika makan. Disinilah awal masalahnya. Ketika ikan menghirup permukaan air, secara tidak sadar ikan juga akan menghirup udara yang lama kelamaan dapat memenuhi kantong renang. Oleh sebab itulah ikan mas koki jadi berenang terbalik karena kantong renang dipenuhi oleh udara.

2. Pemberian Pakan Yang Berlebihan
Selain jenis pelet floating, salah satu hal yang jadi penyebab swim bladder pada ikan mas koki adalah pemberian pakan yang berlebihan. Terkadang untuk mempercepat pertumbuhan maka kita harus memberikan makan lebih banyak dalam satu waktu sekaligus. Cara ini ternyata salah sehingga bisa menyebabkan ikan mas koki berenang terbalik. Pada dasarnya sistem pencernaan ikan mas koki cukup pendek, jadi tidak dapat menerima banyak makan sekaligus. Banyaknya makanan yang masuk bisa menekan kantong renang sehingga rawan kerusakan.

3. Anatomi Tubuh Ikan Yang Tidak Baik
Pemilik limas farm yang juga salah satu peternak koki terbesar di Indonesia mengatakan bahwa anatomi tubuh yang tidak baik menjadi penyebab awal swim bladder pada ikan mas koki. Biasanya ikan yang memiliki pangkal ekor lebih tinggi dari kepala akan lebih berpotensi terkena serangan swim bladder. Anatomi yang tidak baik ini berpengaruh pada organ dalam ikan sehingga ikan mas koki rawan berenang terbalik. Maka dari itu mencermati anatomi ikan sangat penting apabila hendak membeli.

4. Pemberian Pakan Yang Kurang Beragam
Penyebab swim bladder pada ikan mas koki yang terakhir adalah pemberian pakan yang kurang beragam. Pada dasarnya ikan mas koki adalah hewan omnivora. Artinya bisa makan segalanya. Kesalahan para pemilik biasanya hanya memberi pakan berupa pelet saja karena dianggap praktis. Padahal disisi lain ikan harus diberikan makanan lain untuk memenuhi serat seperti brokoli rebus dan tofu. Selain itu juga bisa diselingi dengan cacing darah atau cacing beku yang sangat bagus untuk pencernaan.

Cara Umum Mengatasi Swim Bladder Pada Ikan Mas Koki
Ada beberapa treatment yang bisa kamu lakukan ketika punya ikan mas koki yang berenang terbalik atau swim baldder ini. Tentu penyembuhan dengan cara ini tidak dapat dilakukan dengan waktu singkat. Oleh karena itu kamu harus sabar dan telaten dalam mengatasi swim bladder pada ikan mas koki. Terlebih treatment pada setiap ikan yang terkena penyakit ini berbeda-beda supaya bisa sembuh. Coba lakukan beberapa cara berikut ini untuk mengobati swim bladder pada ikan mas koki.

1. Puasa Selama 3 Hari
Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengobati swim bladder pada ikan mas koki adalah memuasakan ikan selama kurang lebih 3 hari atau sampai ikan sudah bisa berenang normal kembali. Puasa dapat berguna untuk mengeluarkan semua kotoran dalam perut ikan dengan harapan proses penyembuhan kantung renang bisa menjadi jauh lebih cepat. Apakah ikan tidak mati apabila puasa? Jawabannya tentu saja tidak. Puasa justru sangat baik untuk kesehatan ikan dan dapat meningkatkan metabolisme.

2. Gunakan Heater Pada Suhu 32 Derajat
Pada kolam atau bak karantina ikan mas koki yang berenang terbalik, tambahkan heater lalu atur pada suhu 32 derajat. Selain itu berikan juga aerator yang cukup kencang. Suhu air yang hangat akan membantu ikan meningkatkan metabolisme tubuhnya serta memudahkan oksigen larut dalam air. Usahakan menggunakan tempat karantina yang ukurannya cukup luas. Namun untuk ketinggian airnya usahakan tidak terlalu dalam. Untuk ketinggian air sekitar satu jengkal tangan saja sudah cukup.

3. Beri Kacang Polong Rebus
Jika pada hari ketiga ikan sudah berenang normal, maka langkah selanjutnya untuk mengobati swim bladder hingga tuntas adalah memberi makan kacang polong rebus. Kacang polong dianggap sangat baik untuk pencernaan karena kaya akan serat dan dapat membantu mengeluarkan sisa-sisa kotoran melalui lubang anus. Ingat! Pemberian kacang polong rebus ini harus pada saat ikan sudah berenang normal ya. Lakukan pemberian pakan kacang polong rebus ini selama 3-5 hari.

4. Ubah Pola Makan
Langkah terakhir dalam mengobati swim bladder pada ikan mas koki adalah mengubah pola makan. Apabila ikan sudah mulai membaik, kamu bisa mengeluarkannya dari tempat karantina dan menggabungkan dengan temannya di kolam atau aquarium lalu memberi pakan dengan porsi lebih sedikit namun agak sering. Jangan hanya pelet, perbanyak jenis pakan juga termasuk memberikan cacing beku dan kacang polong rebus atau bisa juga brokoli rebus.

Penutup
Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengobati swim bladder pada ikan mas koki. Jika belum parah, kemungkinan besar ikan kamu akan dapat pulih dengan melakukan treatment seperti yang sudah dijelaskan diatas. Namun buat yang sudah parah atau bisa dibilang permanen, maka kamu harus banyak-banyak berdoa karena hanya faktor keberuntungan saja yang bisa membuat ikan kamu pulih seperti semula. Menangani ikan mas koki yang berenang terbalik memang kompleks serta membutuhkan keberuntungan.

“https://www.wisklik.com/2021/02/pmengobati-swim-bladder.html”

Contact Us!